Gempa yang cukup besar terjadi di Tasikmalaya, dengan kekuatan 7,3 SR. Gempa itu terjadi sekitar pukul 14.53 WIB. Pusat gempa berada di 142 km barat daya Tasikmalaya. Gempa ini terasa hampir di seluruh Jawa dan Bali. Dua gempa susulan dengan kekuatan lebih rendah juga terjadi di kota yang sama. Pusat gempa, yaitu 138 dan 137 barat daya Tasikmalaya dengan kekuatan masing 5,1 SR dan 5,4 SR.
BERIKUT TIPS UNTUK SIAGA GEMPA

Dikutip dari Ehow, Kamis (3/9/2009), ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan ketika gempa mengguncang gedung bertingkat tempat Anda berdiri.

1. Berlindunglah di bawah meja

Meja atau bahan lain yang kuat dan bisa melindungi bagian tubuh bisa menghindarkan Anda dari reruntuhan gempa selama gempa itu berlangsung.

Jika Anda tidak bisa menemukan sesuatu yang bisa melindungi diri, carilah pintu dan berdirilah di sampingnya. Jika pintu tidak ada, rangkul dan merapatlah pada dinding bagian dalam. Pintu dan dinding dalam memiliki struktur yang kuat dan leboh tahan gempa.

2. Hindari berdiri di samping benda berat
Jangan sekali-kali berlindung di belakang rak lemari, papan, atau benda apapun yang berat. Benda-benda tersebut bisa jatuh dan menimpa Anda ketika gempa berlangsung.

3. Tunggu waktu yang tepat untuk keluar
Sebaiknya jangan cepat-cepat ambil langkah seribu dan ingin keluar dari gedung karena itu hanya akan membahayakan nyawa Anda. Siapa tahu gempa susulan akan datang dan nyawa Anda terancam ketika akan keluar ruangan.

Anda berisiko terjepit, sesak nafas atau bahkan terkena reruntuhan gempa tanpa perlindungan apapun ketika hendak keluar ruangan. Tunggulah beberapa menit sampai gempa agak mereda dan Anda merasa aman ketika turun.

4. Lindungi wajah
Jika Anda berada dalam gedung yang memiliki banyak kaca, sebaiknya tutupi bagian wajah karena pecahan kaca akibat gempa bisa loncat ke wajah Anda. Lindungi wajah dengan jaket tebal atau benda lain yang tidak bisa ditembus pecahan kaca.

5. Hindari berlindung di dapur
Dapur adalah bagian ruangan yang paling berbahaya di antara semua ruangan. Jika Anda seorang koki dan sedang berada di dapur, sebaiknya berlindunglah di tempat yang lebih aman.

Anda bisa terkena barang-barang tajam yang ada di dapur, jangan lupa matikan semua peralatan dapaur yang masih menyala untuk mencegah hal yang lebih buruk lagi.

6. Jangan turun menggunakan lift
Ketika gempa sudah reda dan Anda merasa aman untuk keluar ruangan, sebaiknya tetap gunakan tangga darurat ketimbang naik lift. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Ketika gempa susulan datang dan Anda terjebak dalam lift yang mati, itu bisa membahayakan nyawa Anda.

Setelah gempa berhenti sebaiknya jangan langsung masuk dalam ruangan. Tunggu dan lihatlah kondisi sekitar atau peringatan di radio karena jangan-jangan gempa susulan masih akan datang.